Di tengah Era Digital ini peran anak muda dalam keterampilan berkomunikasi sangat dibutuhkan. Namun sayangnya, anak muda terkadang mengalami hambatan ketika sedang berproses meningkatkan kreativitas itu. Contohnya seperti pada dunia kepenyiaran, saat ini jarang sekali ada media yang menaungi perlombaan tentang kepenyiaran. Padahal banyak anak muda di Era Digital ini yang mempunyai passion kepenyiaran. Hal itu juga yang menjadi latar belakang UKM Simfoni FM turut serta berkontribusi dalam memberikan wadah untuk anak muda bisa belajar dan meningkatkan skill kepenyiaran melalui diadakannya Simfoni Broadcasting Competition (STATION) 6.

Broadcasting Competition ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian STATION 6 yang bertajuk “Speak Up: Cybergen Potential Unleashed”. Pada kompetisi ini berupa siaran tandem atau tim dengan terdiri 2 orang yang mana peserta harus berasal dari non-profesional announcer, dan belum pernah menjadi announcer di radio komersial. Selain itu, peserta yang bisa ikut yaitu pelajar, mahasiswa/i dan umum yang berusia 15-25 tahun.

Para peserta yang sudah daftar akan melalui berbagai tahapan. Tahap pertama yaitu babak penyisihan, dimana peserta harus mengirimkan karya audio siaran mereka. Nah, setelah diumumkan siapa saja peserta yang lolos babak penyisihan, peserta akan masuk ke babak Semifinal. Pada babak Semifinal ini berbeda dengan babak sebelumnya, peserta mengumpulkan video siaran dan kemudian di upload oleh crew Simfoni di Youtube Simfoni FM. Setelah itu, dipilih 3 peserta terbaik yang akan lanjut ke babak Grand Final.

Ini nih sobat muda tahapan yang paling seru, di babak Grand Final peserta akan siaran langsung ON Air di radio Simfoni pada ajang Freeline. Wah kesempatan emas banget kan bisa ngerasain siaran radio. Dan yang bikin seru lagi, 3 judges diantaranya Bayu Oktara (Announcer KIS 95.1 FM), Quincy de Neve (Announcer Mustang 88.0 FM), dan Mima Mimndud (Announcer 101.3 MFM Radio) ikut juga siaran buat ngeramein Grand Final. Kapan lagi lho, Simfoni dibajak radionya sama penyiar profesional dan kece abis.

Di babak Grand Final ini terlihat 3 tim totalitas nunjukin kemampuan siaran nih. Para judges juga kagum dengan mereka yang luar biasa keren siarannya.

“Seneng bisa ngelihat talent yang punya passion di siaran radio yang semangatnya oke banget. Secara teknik dan kemampuan mengolah pesan untuk jadi bahan siaran, itu gak kalah sama penyiar profesional yang sudah tahunan siaran” Ucap Bayu.

Memang sih para peserta yang ikut Announcer Competition itu punya talenta yang gak main-main nih. Tapi namanya perlombaan, harus ada yang juara kan.  Yaps, setelah proses panjang yang sudah dilakuin peserta, tibalah waktunya pengumuman pemenang di acara Awarding Night pada hari Minggu (27/06). Dari pengumuman yang dibacakan oleh MC, yang berhasil meraih juara 1 yaitu Tim Fellow Friends, juara 2 Tim Gemoy, dan juara 3 Tim Marcom. Wah selamat buat para pemenang dan semoga bisa menginspirasi yang lain ya!

Penulis: Nuke Amalia (Azra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *