PASUSKA – Pasukan Khusus Pramuka UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sukses memberikan pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat dalam rangka kegiatan kemah berkah menyambut Ramadhan MA Al-Ridlo Kalipare, Kab, Malang. kegiatan tersebut diselenggarakan pada Minggu, 19 Maret 2023. Pelaksanaan kegiatan ini didampingi langsung oleh kakak pelatih PASUSKA yaitu kak Pontynindia.

Kegiatan pelatihan ini merupakan agenda insidental dalam kalender kegiatan PASUSKA dimana kegiatan tersebut merupakan panggilan dari sekolah-sekolah yang membutuhkan pendalaman terkait materi tertentu. Selain itu kegiatan tersebut merupakan ajang mengasah materi yang didapatkan oleh anggota PASUSKA dalam pelaksanaan diksus (diklat khusus) di beberapa waktu lalu. Dalam pelaksanaannya, materi dibagi menjadi beberapa bagian seperti pengantar PPGD yang disampaikan langsung oleh kakak pelatih yaitu kak Ponty, kemudian materi penanganan awal dalam penemuan korban di sampaikan oleh kak Dewi dan kak Annisa, materi kasus-kaksu dalam pertolongan pertama disampaikan oleh kak Lutfi dan terakhir teknik bebat bidai dan teknik evakuasi disampaikan langsung oleh kak Diki.

Penting bagi kita menjadi seorang awam dalam menemukan korban kecelakaan sebab jika salah satu teknik dalam penanganan sebelum bantuan medis datang nyawa korban adalah taruhannya. Maka dari itu dengan adanya pelatihan ini harapannya siswa/I MA Al-Ridlo Kalipare dapat mawas diri dalam menjaga diri dan menyelamatkan teman Ketika terjadi kondisi yang mengharuskan melakukan Pertolongan Pertama (PP). Selain itu juga harapan bagi anggota PASUSKA mampu terasah pengetahuan dan keterampilannya dalam Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) sehingga bisa menjadi garda terdepan Racana Ketika mengadakan kegiatan diklat lapangan ataupun kegiatan Racana lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *