Pada Sabtu, 12 Maret 2022 lalu unit Pasukan Khusus Pramuka (PASUSKA), Pramuka UIN Malang mengadakan kegiatan pendidikan khusus atau yang dikenal dengan sebutan DIKPAS (Diklat Pasukan Khusus Pramuka) yang ke 24. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui plattform zoom meeting dan secara daring di Kantor Kecamatan Blimbing. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag dengan diikuti oleh 11 peserta dari anggota Racana.

Pada DIKPAS ini peserta menerima beberapa materi diantaranya: sejarah PASUSKA, komunikasi lapangan, survival dan PPGD serta beberapa materi lainnya. “Berkat mengikuti pendidikan khusus ini, kami dapat mempelajari banyak hal baru dimana hal tersebut nantinya akan dibutuhkan dalam beberapa kegiatan dan tentunya dapat diaplikasikan dalam beberapa kegiatan Racana”, ujar Kak Luthfi, salah satu peserta DIKPAS. Kegiatan ini diakhiri dengan dilantiknya seluruh peserta DIKPAS oleh M. Mujtabah, S.E selaku salah satu pembina dari Pramuka UIN Malang sekaligus unit khusus PASUSKA.

“Dengan adanya DIKPAS ini, diharapkan dapat membuka wawasan luas terkait pramuka khususnya PASUSKA yang akan menjadi pemandu bagi anggota Racana non PASUSKA dalam praktek lapangan “, terang Kak Diki selaku ketua satgas pada DIKPAS XXIV kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *