Tetap Semangat di Bulan Ramadhan, Pramuka UIN Malang Adakan Kegiatan Welcome Party dan Hari Gizi

0

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat bagi umat muslim yang mana pada bulan Ramadhan ini kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Namun, hal tersebut tida menghalangi anggota Racana Maulana Malik Ibrahim-Dewi Chandra Wulan untuk tetap semangat dalam berorganisasi. Antusiasme dan semangat anggota Pramuka UIN Malang dalam berorganisasi tersebut dapat dilihat dari terselenggaranya welcome party.

Welcome party merupakan acara yang bertujuan untuk menyambut anggota Racana yang baru saja dilantik. Acara yang bertempat di balkon gedung B Universitas Islam Negeri Malang ini dilaksanakan pada Minggu, 26 Maret 2023. Dalam rangka menyambut anggota Racana yang baru dilantik yaitu angkatan 35, Pramuka UIN Malang tentunya telah mengonsep kegiatan dengan sebaik mungkin dan dengan rentetan acara yang menarik. Karena bukan hanya pengenalan dan penyampaian tugas serta program kerja Dewan Racana saja, tetapi pada rentetan acaranya juga terdapat sosialisasi Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) yang tahun ini diadakan di IAIN Gorontalo dan terdapat buka bersama sebagai bentuk dari salah satu program kerja bidang Rumah Tangga (RT) yaitu Hari Gizi.

Acara dibuka oleh kak Mila selaku MC pada kegiatan welcome party kali ini. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pengenalan dan penyampaian program kerja dari BPH (Badan Pengurus Harian) lalu dilanjut dengan sosialisasi PW PTK oleh Kak Jauzi selaku pelatih dari Pramuka UIN Malang.

“Seleksi akan dilaksanakan dua kali yaitu tes administrasi dan tes fisik sekaligus wawancara” ucap kak Jauzi dalam penyampaian sosialisasi Perkemahan WIrakarya Perguruan Tinggi Keagamaan seluruh Indonesia yang diadakan oleh Kemenag setiap dua tahun sekali tersebut.

Setelah sosialisasi PW PTK, acara dilanjutkan dengan pemaparan proker dari divisi-divisi di dewan Racana yaitu bidang Ops. DIKLAT, PEWIRA, DAKHUM, dan RT serta dua unit khusus yang ada di Pramuka UIN Malang yaitu PASUSKA dan UBS. Saat koordinator bidang, komandan, serta kepala telah menyampaikan dan sesi tanya jawab telah dilakukan, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi pandega dan sosialisasi adat. Sosialisasi Pandega disampaikan oleh Kak Firman selaku Dewan Kehormatan Pandega (DKP) Pramuka UIN Malang. Pada sosialisasi tersebut, kak Firman menyampaikan garis besar poin-poin seta penugasan yang akan dikerjakan ketika menempuh Pandega. Sedangkan pada sosialisasi adat, ada kak Lia selaku pemangku adat putri yang menyampaikan adat-adat di Pramuka UIN Malang. Terdapat banyak sekali adat-adat yang ada di racana UIN Malang salah satunya adalah 3S (senyum, salam, sapa) saat masuk sanggar.

“Saat masuk sanggar harus mengetuk pintu dan memberi hormat serta memasang wajah tersenyum” begitulah yang disampaikan oleh kak Lia.

Ketika adzan maghrib berkumandang, acara dihentikan dahulu untuk pelaksanaan hari gizi yang dikemas dalam kegiatan buka bersama. Adanya kegiatan buka bersama ini juga dimaksudkan untuk menambah solidaritas antar anggota Pramuka UIN Malang sehingga menjadikan anggota Pramuka UIN Malang memiliki rasa kekeluargaan yang erat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *