Menuju Terciptanya Dewan yang Berkompeten, Pramuka UIN Malang Adakan Pembekalan Dewan

0

Pada 20 sampai 21 Februari 2023, Pramuka UIN Malang mengadakan kegiatan Pembekalan Dewan. Kegiatan yang hanya ditujukan untuk Dewan Racana periode tahun 2023 tersebut dilaksanakan dengan konsep luar ruangan di Bumi Perkemahan Coban Putri, Kelurahan Junrejo, Kecamatan Batu, Kabupaten Malang.

Anggota Racana yang terpilih menjadi Dewan Racana tersebut dibekali dengan beberapa materi yang tentunya dapat menunjang kemampuan para Dewan Racana selama masa kepengurusan seperti ilmu tentang keracanaan, kepemimpinan, dan public speaking. Ketiga materi tersebut diberikan karena dirasa sangat penting dalam menciptakan Dewan Racana yang berkompeten.

Administrative skills atau kemampuan administrasi diberikan agar Dewan Racana dapat menentukan prioritas, mengelola dokumen, file digital, hingga jadwal program kerja. Selain kemampuan administrasi, kemampuan kepemimpinan atau leadership juga perlu diberikan kepada Dewan Racana periode tahun 2023. Hal itu dikarenakan peran kepemimpinan sangat diperlukan dalam upaya mengatasi perubahan serta mempertahankan dan mengembangkan eksistensi organisasi khususnya organisasi Pramuka di UIN Malang.

Dewan racana juga dibekali dengan teknik-teknik dasar public speaking, agar bisa menunjang skill dan kemampuan dewan dalam berkomunikasi baik dengan sesama anggota, pembina, pelatih ataupun dengan masyarakat umum. Harapannya setelah dibekali ini dewan racana dapat memperoleh ilmu dan siap menjalani keseharian sebagai pengurus dewan racana, dewan kehormatan, dewan adat, ataupun reka khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *