Seminar Nasional 2021: “Pembentukan Karakter Generasi Muda Melalui Gerakan Pramuka di Era Digitalisasi”

0

Di era milenial seperti saat ini, karakter seseorang dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia tidak hanya secara hardskill tapi juga softskill serta attitude yang baik. Oleh karena itu, Pramuka UIN Malang mengangkat tema besar mengenai “Character Building” pada kegiatan Seminar Nasional tahun 2021. Sedangkan tema yang diusut adalah “Pembentukan Karakter Generasi Muda Melalui Gerakan Pramuka di Era Digitalisasi”. Seminar kali ini dibuka untuk umum dan free (gratis). Salain itu ada yang menarik perhatian peserta pada seminar kali, yaitu peserta seminar yang beruntung akan mendapatkan hadiah E-Wallet total ratusan juta.

Kegiatan Seminar Nasional dilaksanakan tanggal 18 Desember 2021. Peserta seminar memasuki zoom meeting mulai pukul 07.00 WIB. Sembari menunggu pemateri, Pembina, dan peserta lainnya panitia menayangkan beberapa video mengenai kampus UIN Malang dan UKM Pramuka UIN Malang. Setelah pemateri, Pembina, dan peserta memasuki zoom meeting, kegiatan Seminar Nasional dibuka oleh kakak Nuruzzakiya Yahya selaku pembawa acara. Sebelum memasuki acara inti, panitia mengadakan kuis kahoot sesi 1 dengan topik materi tentang wawasan kebangsaan dan juga kepramukaan. Pemenang pertama kuis kahhot berhak mendapatkan saldo E-Wallet sebesar 100.000 rupiah, pemenang kedua sebesar 75.000 rupiah dan pemenang ketiga sebesar 50.000 rupiah. Kemudian dilanjut dengan penampilan tari, prosesi adat pembukan kegiatan, dan pembacaan tata tertib kegiatan.

Setelah itu, kegiatan Seminar Nasional dibuka secara formal oleh pembawa acara. Pembukaan kegiatan seminar dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka, serta sambutan oleh Kakak Haydar Nashif Hamami selaku Ketua Dewan Racana (KDR) tahun 2021 dan Kakak H. Ghufron Hambali, S.Ag, M.HI selaku Pembina Gugusdepan 04.335 Pramuka UIN Malang.

Seusai pembukaan acara, tibalah pada acara inti yang ditunggu-tunggu yakni peyampaian materi. Pemateri dari kegiatan seminar kali ini adalah Kakak Prof. Dr Suyatno, M.Pd dan Kakak Berthod DH, Sinaulan, S.S yang tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kakak. Kedua pemateri tersebut dipandu oleh Kakak Yudha Adyaksa, S.Ikom selaku moderator pada kegiatan Seminar Nasional 2021.

Materi pertama membahas mengenai Pembinaan Karakter Tunas Muda di era Digitalisasi dan Literasi Digital Melalui Gerakan Pramuka yang disampaikan oleh Kak Suyatno. Kak Suyatno adalah ketua harian kwartir daerah gerakan pramuka Jawa Timur. Dalam pemaparan materinya Kak Suyatno menyampaikan bahwa “Salah satu karakter yang harus dikuatkan adalah dasa dharma kedelapan, disiplin artinya teguh memegang janji, teguh terhadap tanggung jawab, istiqomah, gigih, menjalani terus menerus tanpa malu diejek orang, tanpa harus ragu-ragu, tanpa harus merasa gagal, terus melaju, lalu berani melakukan hal-hal yang baru, dan setia terhadap tujuan awalnya serta setia terhadap keinginan dasarnya karena sesuatu hal yang ditekuni dengan bagus dan serius ternyata dapat melampaui dari perkiraan”. Setelah pemaparan materi, kemudian dilanjut dengan sesi tanya jawab.

Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Kak Berthod selaku pemateri yang membahas mengenai Pemanfaatan Digitalisasi Media Sosial bagi Anggota Pramuka dan Digitalisasi Pramuka sebagai Ajang Kreativitas Tunas Bangsa. Kak Berthod adalah wakil ketua kehumasan dan informatika kwartir nasional gerakan pramuka. Dalam pemaparan materinya Kak Berthod menyampaikan bahwa “Setiap Pramuka adalah Pewarta. Jadi jangan segan-segan siapun diantara kita mulai saat ini dapat mewartakan berita karena semakin banyak anggota Pramuka yang memberikan kegiatan Pramuka maka semakin banyak masyarakat luas yang memahami dan mengerti bahwa kegiatan Pramuka itu tetap ada, masih ada, dan terus ada. Kemudian, setelah penyampaian materi dilanjut dengan sesi tanya jawab. Selain itu, Kak Berthod berpesan agar kita selalu saring sebelum sharing. Maksudnya adalah kita harus saring terlebih dahulu semua informasi yang didapatkan, jika sudah yakin akan kebenaran dari informasi yang diperoleh maka baru  kita sharing ke orang lain.

Setelah penyampaian materi dan sesi tanya jawab, kemudian dilanjut dengan pemaparan kesimpulan dari moderator dan kuis kahoot sesi 2 yang dipandu oleh pembawa acara. Kuis kahoot sesi 2 ini merupakan kegiatan penutup dari serangkaian kegiatan Seminar Nasional Tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *