Latihan kreasi kewirausahaan

Ketika pertama kali pewira diusulkan Menggantikan Litbang, Para anggota PEWIRA pada saat itu menginginkan ada proker yg brbeda dari tahun-tahun seblumnya. Tapi tidak meninggalkan inti dari pewira yaitu tentang pengembangan dan kewirausahaan. Hingga pada akhirnya anggota PEWiRA membentuk AKSIKU (latihan kreasi kewirausahaan) sebagai wadah dari anggota racana untuk melatih pengembangan minat dan bakat dari anggota racana. Yang pada saat itu kegiatannya terdiri atas latihan publik speaking, multimedia, outbond, tari dll untuk mengasahkan kemampuan anggota racana.

Hingga pada tahun ini AKSIKU berkembang hingga bisa mencetak anggota-anggota yang mumpuni dibidangnya. Seprti Multimedia, Desain Grafis, Public Speaking DLL. Selain tujuan yang diatas, AKSIKU juga mejadi jembatan merak anggota Racan untuk mengembangkan diri mereka di luar ke-pramukaan. Saat ini ada AKSIKU tentang fashion Show. Tentang bagaimana menjadi Pramuka yang tidak ketinggalan Fashionable dantetap kece dengan kesederhanaanya. Kemudian ada juga tentang Make UP. Bukan hanya untuk para anggota Racana putri saja akan tetapi untuk anggota Raana putra juga mengikuti. Make up bukan hanya untuk mempercantik tubah atau badan saja, tapi juga sebagai Ikhtiar kita unttuk menjaga pemberian Tuhan.

Selain AKSIKU-AKSIKU di atas, masih ada banyak lagi yang akan dipelajarai dan dikembangkan oleh Bidang Pewira. Meski Dibatasi oleh jarak, kami tidak lelah dan akan terus berkarya menjadikan Racana UIN Malang Lebih Baik lagi.