Racana UIN Malang dikunjungi Racana UIN Jakarta dalam rangka Pengembaraan

0

Racana UIN Malang dikunjungi Racana UIN Jakarta dalam rangka Pengembaraan

Pengembaraan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan hampir setiap tahun oleh racana Syarif Hidayatullah Nyi Mas Gandasari dengan tempat tujuan yang berbeda-beda. Pada tahun ini mereka berkesempatan untuk melakukan pengembaraan di kota Malang, salah satunya yaitu berkunjung ke racana Maulana Malik Ibrahim Dewi Chandra Wulan. Pengembaraan 2018 ini diikuti sebanyak 31 anggota dari racana UIN Jakarta.

Peserta pengembaraan 2018 yang disebut sebagai pasukan satu arah atau PASRAH ini tiba di UIN Malang pada hari Rabu, 12 September sekitar pukul 16.30 WIB setelah sebelumnya terlebih dahulu berkunjung ke racana Universitas Negeri Malang. Kemudian pasukan satu arah yang datang disambut oleh kakak-kakak Pelatih 04.336, PA, DKP, BPH dan anggota bidang-bidang yang lain untuk melaksanakan prosesi upacara penerimaan tamu sesuai dengan adat dari racana Maulana Malik Ibrahim Dewi Chandra Wulan yang berlangsung khidmat.

Selama di UIN Maliki Malang, pasukan satu arah melakukan beberapa kegiatan diantaranya yaitu kegiatan anjangsana, studi komparative, antropologi kampus, dan masih banyak lagi. Pada saat kegiatan anjangsana, ada berbagai macam penampilan seni yang disuguhi oleh racana Syarif Hidayatullah seperti tari Cokek dan Beksi (bela diri Betawi), begitu pun dari racana Maulana Malik Ibrahim juga menampilkan beberapa pertunjukan seperti sulap, dan tari Grebeg Sabrang. Kemudian yang membuat acara ini semakin seru yaitu ketika di akhir acara seluruh peserta ikut menari bersama dengan dipandu oleh perwakilan dari kakak-kakak dari UIN Jakarta dan UIN Malang secara bergantian.

Kegiatan studi komparatif antara racana Maulana Malik Ibrahim dan racana Syarif Hidayatullah juga tak kalah menarik. Tidak hanya para pemateri saja yang memaparkan tentang keracanaan masing-masing, tetapi para peserta juga ikut terlibat dalam diskusi ini dengan saling bertukar pikiran dan sharing mengenai struktur, adat, program kerja dan lain-lain dari masing-masing racana sehingga semua bisa mendapatkan wawasan dan merasakan pengalaman untuk kemajuan racana kedepannya.

Sampai hari Jumat, 14 September sekitar pukul 08.00 pagi pasukan satu arah berkumpul dan berbaris rapi di depan spot center untuk melaksanakan upacara pelepasan. Setelah kakak Afif selaku ketua dewan racana UIN Malang mengakhiri sambutannya, pasukan satu arah kemudian bersiap untuk melanjutkan pengembaraan di tempat berikutnya. Meskipun pengembaraan racana UIN Jakarta di racana UIN Malang telah selesai, akan tetapi harapannya agar hubungan silaturrahmi yang sudah terjalin tidak ikut memudar dan bisa bertemu lagi di lain kesempatan. Amin ya robbal alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *