REKTOR UIN MALANG BERIKAN DUKUNGAN DAN HARAPAN PADA PEMBUKAAN PWN PTK KE-16 DI GORONTALO

0

Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. HM Zainuddin, MA, hadir dalam pembukaan Pramuka Wirakarya Nasional (PWN) ke-16 tahun 2023 di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo , pada Senin (22/5/2023).Rektor UIN Malang hadir bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag, serta Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, danKerjasama (AAKK), Dr. H. Barnoto, M.Pd.I. Kegiatan ini diikuti oleh 1.200 Pramuka dari Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di seluruh Indonesia.

Pembukaan PWN ke-16 ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Gorontalo Palo-Palo oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Kwarnas Budi Waseso, Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Zulkarnaen Suleman, dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.Rektor UIN Malang juga memberikan dukungannya terhadap suksesnya pelaksanaan PWN PTK di IAIN Gorontalo. Tema yang diangkat pada tahun ini, yaitu “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Frame Moderasi Beragama”, sangat relevan dan menantang bagi generasi muda saat ini.

Ketua Persatuan Darma Wanita (DWP) Universitas Islam Negeri POSE BERSAMA: Ketua DWP UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dra. Hj. Shofiah Zainuddin (Empat dari kiri) turut hadir meramaikan kegiatan PWN PTK di IAIN Gorontalo. Senin (22/5/2023).Prof. Zainuddin menjelaskan bahwa tema tersebut sangat sesuai dengan tuntutan zaman. Generasi milenial sebagai penegak bangsa harus memiliki kemampuan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di tengah iklim kemajemukan. “Menjaga NKRI dan moderasi beragama menuju perdamaian abadi di Indonesia menjadi suatu keharusan yang harus dilakukan oleh generasi muda,” tegasnya.Melalui kegiatan PWN ini, para peserta akan dibekali dengan kemampuan untuk menjaga perdamaian dan ketentraman di NKRI, yang merupakan hal yang sangat penting. Mereka bersimpati untuk menjaga keharmonisan di tengah perbedaan suku, ras, dan agama melalui partisipasi dalam PWN PTK yang melibatkan peserta dari berbagai agama yang berbeda. Harapannya, para peserta dapat belajar bagaimana menghargai satu sama lain sehingga tercipta keselarasan dan toleransi di antara mereka.

Ketika ditanya tentang harapannya, Prof. Zainuddin berharap agar PWN ini berjalan lancar dan sukses, serta peserta dapat merasakan kesehatan lahir dan batin. “Semoga para peserta dapat mengikuti kegiatan yang disiapkan oleh panitia dengan sebaik-baiknya,” harapnya.Selain itu, Rektor juga menginginkan agar peserta kontingen UIN Malang mampu membawa pesan dan ilmu yang mereka dapatkan di PWN untuk diimplementasikan di kampus mereka. Hal ini penting agar ilmu yang didapatkan dapat diterapkan dan disebarkan ke seluruh sivitas akademika di UIN Maliki Malang. “Jadi, tidak hanya seremonial dan ritual semata, tetapi harus dapat diimplementasikan di kampus dan masyarakat,” pesannya.Dengan dukungan dan harapan dari Rektor UIN Malang, diharapkan PWN PTK ke-16 ini dapat menjadi acara yang sukses dan bermanfaat bagi semua peserta. Semoga nilai-nilai keberagaman, perdamaian, dan moderasiberagama yang ditekankan dalam kegiatan ini dapat dihayati dan diimplementasikan oleh generasi muda untuk membangun bangsa yang lebih harmonis dan sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *