Diklat Outdoor XXV UKM Jhepret Club Fotografi Sukses Digelar di Coban Putri, Batu

JhepretNews – Pada hari Sabtu dan Minggu (4-5/5), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jhepret Club Fotografi menggelar acara Diklat Outdoor XXV di Coban Putri, Batu. Kegiatan ini diikuti oleh anggota baru, pengurus, dan alumni UKM Jhepret Club Fotografi. Acara ini bertujuan untuk melatih anggota baru dalam hal fotografi, memperdalam pengetahuan tentang keorganisasian, serta mempererat hubungan antar anggota serta pengurus.

Kegiatan dimulai pada Sabtu pagi (4/5), di mana peserta berkumpul di Gedung D untuk pemberangkatan ke lokasi Diklat menggunakan kendaraan yang sudah disiapkan oleh panitia. Tiba di lokasi, peserta disambut dengan udara segar dan pemandangan alam yang asri. Rangkaian acara dimulai dengan sesi review materi yang telah disampaikan pada kegiatan Diklat Indoor sebelumnya. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dengan pendamping yang berbeda-beda. Sesi review materi ini tidak hanya memperdalam pengetahuan tentang fotografi, tetapi juga membangun komunikasi antar anggota serta pendamping.

Pada malam hari, kegiatan dilanjutkan dengan mini games dan pemantapan mental. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi sharing tentang keorganisasian, sesi sharing tentang keorganisasian UKM menjadi momen penting untuk memahami bagaimana sebuah organisasi itu berjalan. Sharing dipimpin oleh alumni yang berpengalaman dalam mengelola kegiatan UKM. Hal tersebut perlu disampaikan agar para anggota baru mempunyai gambaran terkait apa itu organisasi.

Pagi hari kedua diawali dengan senam bersama untuk menghangatkan tubuh dan pikiran sebelum sesi hunting foto dimulai. Setiap anggota baru diberi tugas untuk menghasilkan 10 foto bebas. Dengan penuh semangat, mereka berkeliling lokasi Coban Putri untuk mencari objek foto yang menarik. Foto-foto yang telah diambil kemudian diserahkan kepada pendamping masing-masing kelompok. Para pendamping akan membantu mengevaluasi dan memilih foto terbaik untuk masuk ke dalam list foto yang disediakan oleh panitia Diklat. Proses ini tidak hanya menjadi ajang penilaian kualitas foto, tetapi juga pembelajaran bagi anggota baru dalam menghasilkan karya yang memenuhi standar.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama di bawah sinar matahari pagi di Coban Putri sebagai kenang-kenangan indah. Peserta pulang dengan bekal ilmu baru, pengalaman baru, serta rasa kebersamaan yang semakin kuat di dalam UKM Jhepret Club Fotografi. Semangat untuk terus berkarya dan mengembangkan potensi fotografi mereka pun semakin membara. (ARB)