APA AJA SIH PERALATAN B&W FOTOGRAFI?

BW – Mungkin beberapa dari kalian telah mengetahui apa saja alat-alat yang dibutuhkan untuk foto Black and White (biasa disebut B&W), atau bahkan sudah pernah bereksperimen untuk menghasilkan foto B&W. Namun, pasti ada juga yang belum mengenalinya. Nah, mading kali ini akan mengulas sedikit seputar peralatan B&W Fotografi agar kita sama-sama tau. Check it out!

Kamera Analog

Merupakan kamera yang menggunakan media film untuk memotret gambar dan tidak menghasilkan gambar digital.

Roll Film

Roll film merupkan bagian penting saat kita mencoba menggunakan kamera anlog. Roll film digunakan untuk menyimpan hasil foto.

Changing bag

Changing bag (kantong hitam kedap cahaya) berfungsi mengeluarkan film dari selongsongnya lalu digulung di roller dan dimasukkan ke dalam developer tank. Kedua lubang tersebut untuk masuknya tangan dan masuknya peralatan cuci film.

 Developer Tank

Tampilan alat ini  berbentuk silinder yang kedap cahaya dan kegunaannya untuk mencuci film secara manual. Terdapat sebuah roller di dalam alat ini yang fungsinya untuk menggulung film dari selongsong film.

Chemical

Cairan untuk memproses cuci film, yang mana tiap chemical memiliki takaran masing-masing dan penggunaannya harus sistematis.

·         Developer     : untuk mengembangkan emulsi.

·         Stopbath       : untuk menghentikan pengembangan.

·         Fixer            : untuk menetapkan gambar.

·         Air               : untuk membilas hasil cucian dan cetakan.

Gelas Ukur

Alat ini digunakan untuk memudahkan dalam menakar banyaknya chemical yang akan digunakan dalam memproses film. 

Enlarger

Enlarger merupakan proyektor transparansi yang digunakan untuk menghasilkan cetak foto dari negatif film. Enlarger disambungkan dengan timer yang berguna untuk mengatur waktu dan menyinari negatif foto. 




Kertas Merit

Kertas merit merupakan kertas yang digunakan untuk mencetak foto B&W. Kertas ini dapat terbakar (tidak dapat digunakan) apabila terkena cahaya. 

Source: https://calonpengangguran.com/2019/10/15/alat-bantu-fotografi/#Changing_Bag